HIROSHIMA – Setelah 28 tahun, Mazda ubah desain logonya yang kini terlihat lebih simpel dan ramping tanpa tampilan tiga dimensi.
Perubahan ini dilakukan Mazda untuk mengoptimalkan penggunaan logo di ponsel pintar dan aktivitas digital.
Langkah yang diambil pabrikan mobil Jepang ini jadi ubahan desain paling signifikan sejak logo M pertama kali memulai debutnya pada 1997.
Logo yang terinspirasi dari burung camar ini jadi identitas Mazda selama hampir 30 taahun.
Dilansir lama Carscoop (28//1/2025), meski logo baru itu belum secara resmi diluncurkan, namun beberapa media di Jepang menuliskan bahwa perubahan tersebut sedang terjadi.
Disinyalir, penggunaan logo baru tersebut akan diresmikan bersamaan perayaan ulang tahun Mazda ke-150 pada hari ini, 30 Januari 2025.
Desain ulang logo ini merupakan bagian dari tren industri yang lebih luas terhadap logo yang datar dan sederhana di antara perusahaan-perusahaan besar.
Desain baru yang disederhanakan pertama kali muncul secara daring pada bulan Juli 2024, ketika merej mobil asal Jepang tersebut mendaftarkan merek dagangnya di Kantor Paten Jepang.
Sebagai tambahan informasi, logo Mazda telah mengalami sejumlah evolusi sejak awal didirikan pada 1920.
Sebelum logo berbentuk oval dengan lapisan huruf “V” seperti yang saat ini digunakan, logo Mazda telah mengalami lebih dari sepuluh kali pergantian sejak perusahaan Toyo Cork Kogyo Co Ltd didirakan oleh Jujiro Matsuda di Hiroshima, Jepang sebagai produsen peralatan mesin. Hingga akhirnya bisa membuat kendaraan sendiri pada 1931.