Batan Gelar Sosialisasi Fasilitas Nuklir di Tangsel

Badan Tenaga Nuklir (Batan) menggelar sosialisasi seputar instalasi dan fasilitas kawasan nuklir dengan menghadirkan peserta kegiatan dari unsur TNI - Polri di ruang pertemuan Gedung 71 Batan, kawasan Puspiptek, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Jum'at (28/08/2020). Foto: Budianto/RISKS.ID

TANGERANG SELATAN – Badan Tenaga Nuklir (Batan) menggelar sosialisasi seputar instalasi dan fasilitas kawasan nuklir dengan menghadirkan peserta kegiatan dari unsur TNI – Polri di ruang pertemuan Gedung 71 Batan, kawasan Puspiptek, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Jum’at (28/08/2020).

Dandim 0506 Tangerang, Kolonel Inf Bambang Heri Tugiyono dalam pemaparanya menyampaikan apresiasi atas sosialisasi seputar nuklir dari Batan itu. Bambang berharap, sinergitas dapat terus ditingkatkan untuk menjaga kondusifitas obyek vital yang berada di wilayah teritorialnya tersebut.

“Kegiatan ini merupakan suatu sinergitas antara Batan dengan Kodim 0506 Tangerang. Berharap agar kedepannya hubungan baik terus dapat terjalin agar dapat memenuhi aspek pertahanan dan keamanan terutama wilayah obyek vital seperti Batan ini,” kata Bambang.

Sementara, Kepala Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) Batan, Roziq Himawan menjelaskan, landasan operasional kawasan nuklir Serpong adalah UU nomor 10 tahun 1997 tentang ketenaganukliran di Indonesia serta peraturan Kepala Batan nomor 14 tahun 2013 tentang tata laksana organisasi Batan.

BACA JUGA:   Anies Perpanjang PSBB Transisi DKI Jakarta Dua Pekan

Menurut Roziq, tugas pengelolaan kawasan nuklir Serpong diantaranya menyelenggarakan pengelolaan keselamatan, menyelenggarakan pengelolaan keamanan di kawasan, memberikan layanan kesehatan bagi karyawan Batan, menyelenggarakan pengelolaan informatika dan jaringan komputer.

Roziq menjelaskan, tugas dari Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) Batan diantaranya menyelenggarakan pendayagunaan informatika, menyelenggarakan pengelolaan jaringan komputer dan internet, menyelenggarakan pengelolaan kawasan.

“Termasuk menyelenggarakan pengelolaan keselamatan dan keamanan pingkungan KNS dan pengelola klinik kawasan PPIKSN yang kemiliki 4 bidang teknis dan 1 bagian tata usaha Batan,” kata Roziq, dalam pemaparanya di kegiatan sosialisasi itu.

Hadir dalam kegiatan, Anhar Riza Antariksawan (Kepala Batan Puspiptek), AKBP Iman Setiawan (Kapolres Tangsel), Mayor Arh Wahyu Hidayat (Danramil 03 Serpong), AKP Rolando VA Hutajulu (Kapolsek Cisauk), Sri Setiawati (Kepala Puspiptek Serpong).

Roziq kembali mengungkapkan, tugas pusat Reaktor Serba Guna (PRSG)
Batan diantaranya mengoperasikan Reaktor dan Utilisasinya, menyelenggarakan pemeliharaan Instalasi Reaktor, menyelenggarakan keselamatan dan keamanan Instalasi Reaktor, menyelenggarakan akuntasi bahan Nuklir.

BACA JUGA:   Jupiter Bantu Bangun Masjid Al-Ikhwan Palmerah Jakarta Barat

“Sementara Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) Batan, yakni menyelenggarakan rekayasa fasilitas 0043 Nuklir, menyelenggarakan pengelolaan Laboratorium pengujian, konstruksi dan desain,” terang Roziq, lengkap dan mendetil.

Turut hadir juga di lokasi kegiatan, Suryantoro (Deputi TEN-Batan), Sumargiyono (Kepala PTLR-Batan), Heru Umbara (Kepala BHHK-Batan), Yusi Eko Yulianto (Kepala PRSG-Batan), Joko Raharjo (Kepala Keamanan Puspiptek Serpong).

Roziq memaparkan, Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) BatanĀ  bertugas melaksanakan penelitian, pengembangan dan penerapan (litbangrap) di bidang pengelolaan limbah radioaktif dari berbagai Instalasi Nuklir, mengembangkan peran lembaga penelitian melalui program instalasi pengolahan lirda raciorti, kerjasama di skala nasional dan internasional dan memperkuat sistem manajemen.

“Kelembagaan litbang dan kompetensi untuk mendukung kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan di bidang pengelolaan Limbah Radioaktif dari berbagai instalasi PTLR, didukung oleh 4 bidang diantaranya adalah bidang teknis, 1 bidang tata usaha serta 1 UJM Nuklir Batan,” tandas Roziq. (bd)

BACA JUGA:   Staf Kelurahan Pajang yang Rajin Berjemur sebelum Tugas, Ini Dia Sosoknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here