Bye..Bye.. Jack Ma, Bos Air Ini Jadi Orang Terkaya di China

Zhong Shanshan. Foto: Financial Times

BEIJING Orang terkaya di China bukan lagi dipegang Jack Ma. Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires Index, Zhong Shanshan berhasil menggeser kekayaan pendiri Alibaba Jack Ma.

Shanshan dilaporkan memiliki kekayaan bersih mencapai USD 58,7 miliar, sementara kekayaan Jack Ma sebesar USD 56,7 miliar.

Dikutip dari CNN Business, tidak hanya menggeser Jack Ma, Shanshan juga mengalahkan pendiri Tencent, Pony Ma.

Berbeda dengan Jack Ma dan Pony Ma yang moncer karena perusahaan teknologi, Shanshan merupakan pendiri perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring.

Sebelum menggeser Jack Ma, Shanshan sudah menduduki orang terkaya nomor 3 di China. Posisi ini dia dapatkan setelah perusahaannya melantai di bursa Hong Kong.

Sebelum menjadi pengusaha, Shanshan merupakan kepala pembuat vaksin di Apotek Biologi Beijing Wantai. Perusahaan tersebut pun IPO tahun ini dan membuat kekayaan Shanshan semakin meroket.

“Anda biasanya mengharapkan orang nomor satu di China datang dari teknologi,” kata Kepala Perusahaan Riset Kekayaan Hurun Report Rupert Hoogewerf.

BACA JUGA:   Pesawat Militer Bolivia Jatuh, Semua Penumpang Tewas

Shanshan terkenal sebagai pengusaha yang tertutup dan rendah hati, jika dibandingkan dengan bos bisnis terkenal di China lainnya. Sifatnya ini membuat dia terkenal dengan julukan ‘lone wolf’.

“Dia tidak diketahui memiliki banyak teman pengusaha. Dia hanya menjalankan usahanya sendiri,” kata Hoogewerf.

Sebelum menjadi orang terkaya di China, rekam jejak Shanshan dinilai mengesankan. Dia menjadi salah satu dari sedikit orang yang berhasil membangun dua bisnis senilai USD 10 miliar sekaligus.

Awal tahun ini, China sudah menjadi rumah bagi sebagian besar miliarder dunia. Hampir lebih banyak dari gabungan orang kaya asal Amerika Serikat dan India.

Menurut perhitungan Bloomberg, perkiraan kekayaan bersih Shanshan adalah US$20 miliar bulan lalu. Posisi yang dia ambil dari Jack Ma rabu lalu menunjukkan ia telah melipatgandakan kekayaannya hanya dalam hitungan pekan. (bam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here