Masjid Tertua di Vancouver Kumandangkan Azan

Masjid al Jamia al Masjid di Vancouver. Foto: Twitter

VANCOUVER – Masjid tertua di Vancouver, Kanada, Al Jamia Al Masjid, mulai mengumandangkan azan untuk pertama kalinya melalui pengeras suara. Namun, adzan yang dikumandangkan dari Masjid Al Jamia itu hanya akan terdengar hingga akhir Ramadhan 1441 H atau 23 Mei.

Meski demikian, azan yang dilakukan pada Ramadan kali ini, dianggap memiliki makna khusus. Utamanya, memberi sinyal pada mereka yang melakukan ibadah puasa dan salat lima waktu.

“Kami menyiarkan azan untuk memberikan harapan kepada komunitas kami dan semua komunitas bahwa, suatu hari, kita semua akan dapat berkumpul di tempat kami,” kata wali masjid, Haroon Khan, seperti dilansir CBC, Rabu (13/5).

Dia melanjutkan, untuk mengupayakan keadaan yang kembali normal, pihaknya meyakinkan berbagai kalangan untuk tetap dalam perlawanan terkait Covid-19. Ibadah salat dan kegiatan lainnya di masjid juga telah dihentikan sementara untuk beberapa pekan.

Khan mengenang, pada Ramadhan terdahulu, masjid di kotanya selalu menjadi tempat komunitas Muslim untuk berkumpul, berdoa, dan salat. Utamanya, ketika senja menjelang Maghrib dan saat matahari terbenam. “Kami sangat merindukannya,” kata Khan.

BACA JUGA:   Yayasan Fajar Qolby Kembali Bagikan Sembako

Untuk menjaga keadaan dan penyebaran wabah, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Sehingga, beberapa persetujuan juga mulai disepakati, salah satunya izin untuk mengumandangkan azan.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Vancouver Kennedy Stewart mengatakan sangat setuju dan merasa senang atas kesepakatan yang dicapai dengan cepat. Meskipun, ia tak menampik hal itu berada di penghujung Ramadhan kali ini.

“Menyiarkan panggilan itu … memberi teman dan tetangga kita di komunitas Muslim keyakinan bahwa waktunya akan segera tiba ketika kita semua bisa berkumpul di tempat-tempat umum yang kita pilih sekali lagi,” ujar wali kota.

Dia menambahkan, semua pertemuan di masjid tersebut akan memberikan inspirasi dan kedamaian, termasuk harapan bagi semua pihak. Utamanya, menjadikan lambang bahwa masjid tertua di Vancouver itu, bisa menjadi jalinan dan memberi kenyamanan tinggal di Vancouver. (wan/rol)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here