Optimisme “Ngapungkeun Unpad” melalui Sport Tourisme

BANDUNG – Harapan dan optimisme terhadap tahun 2021 ditandai positif oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad dan Yayasan Palawa Indonesia (YPI) melalui kegiatan Manglayang Trail Run (MTR) 2021 di Kawasan Gunung Manglayang yang akan digelar pada 27 Juni 2021.

“Kami dari IKA Unpad akan maksimal mendukung terlaksananya kegiatan ini sehingga dapat menjadi daya dorong penyelenggaraan kegiatan kami yang lainnya,” ujar Irawati Hermawan, Ketua Umum IKA Unpad Periode 2020 – 2025 pada saat memberikan sambutan dalam kegiatan Soft Launching dan Media & Community Gathering secara daring, Selasa(12/1/2021).

Soft launching mengundang berbagai kalangan, termasuk mereka yang berminat melakukan co-branding pada Unpad MTR 2021 sebagai sponsor.

Lebih lanjut Irawati juga mengatakan program-progam IKA Unpad pada masa kepengurusannya harus saling bahu membahu dalam menjunjung misi “Ngapungkeun Unpad”.

Selanjutnya, Ketua Panitia Unpad MTR 2021, Juston Pangaribuan merasa yakin kegiatan ini akan mendapat respon positif dari peserta. Selain itu, ia menegaskan, bentuk kegiatan akan sangat berkaitan dengan situasi pandemi saat ini.

BACA JUGA:   Sejumlah Pamen di Korem 052 Wijayakrama Dirotasi

“Kami memantau ketat dinamika yang ada. Karena itu kami mengantisipasinya dengan menyelenggarakan kegiatan dalam dua platform yaitu race dan virtual run,” ujarnya. Ia menambahkan, kegiatan ini sudah disiapkan untuk berjalan dalam sesi lima tahun ke depan.

Untuk menggelar lomba lari trail ini, panitia menggandeng IdeaRun selaku race management. IdeaRun menerapkan standar tinggi pada pelaksanaan race termasuk pula penerapan standar Protokol Kesehatan secara update.

“Bulan lalu, tim kami sudah berlari mendaki sampai puncak tertinggi Gunung Manglayang, dan senang sekali dengan jalurnya. Mudah-mudahan para pelari akan lebih happy nanti, dengan upaya kami mengelola fasilitas di lintasan,” ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun.

Lintasan lari lintas alam yang menantang dengan pemandangan indah di Gunung Manglayang adalah aset berharga yang dapat mendorong upaya sport tourism. Melalui Unpad MTR 2021, sisi ini akan mendapat perhatian khusus dengan tetap mengupayakan kebijakan lokal dan respek terhadap lingkungan.

BACA JUGA:   Ini Pesan Penting dari Konferensi Internasional Tackling The Covid-19 Pandemic yang Digelar IKA Unpad

Dalam soft launching dipaparkan konsep less waste, peduli lingkungan hidup, pesan pemberdayaan sosial budaya dan ekonomi lokal, hingga perannya sebagai sport tourism. Sejalan dengan itu, Tagline kegiatan pun dipilih dengan nuansa peduli lingkungan yakni Eco Trail, Love the Nature.
Lomba lari trail atau lintas alam di Kawasan Gunung Manglayang ini diselenggarakan sebagai kegiatan kolaborasi antara IKA Unpad dan YPI. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mewujudkan misi IKA Unpad dengan kepengurusan yang baru untuk “Ngapungkeun Unpad” ke kancah internasional melalui beragam kegiatannya.

Manglayang Trail Run sendiri merupakan kegiatan YPI yang sukses diselenggarakan pada 2015-2016.

Kegiatan ini pun telah menjadi referensi para pelari trail untuk berlomba. Manglayang Trail Run dinilai istimewa karena medannya berada di Gunung Manglayang yang menantang dilihat dari kontur dan karakter jalurnya. Gunung Manglayang dipilih menjadi lintasan lari karena posisinya persis di belakang Kampus Unpad Jatinangor. Selain itu, lokasinya juga merupakan “ruang” latihan anggota Palawa atau Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Unpad.

BACA JUGA:   Peran Humas dan Optimisme Industri Multifinance Tahun 2021

Jalur lari lomba akan mengambil lintasan start dari Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor. Bagi pelari yang mengambil rute Marathon dan Half Marathon, akan mendapat suguhan trek hingga ketinggian menuju puncak 1.818 mdpl.

Acara juga akan menghadirkan Adriansyah Chaniago, salah satu pelari trail, pelari ultra, serta finisher Six Stars World Marathon Majors, yang akan berbagi pandangan tentang kaitan lari trail dengan sport tourism dari perspektifnya sebagai pelari. Adriansyah Chaniago saat ini juga menjadi salah satu Wakil Ketua IKA Unpad. (rza)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here