Resmi, Crutchlow Gabung Yamaha Gantikan Lorenzo

Cal Crutchlow. Foto: MotoGP

JAKARTA – Yamaha resmi mengontrak Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji menggantikan Jorge Lorenzo di MotoGP 2021. Kepastian itu diumumkan Yamaha di situs resminya.

“Yamaha Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Racing dengan bangga mengumumkan bahwa pembalap MotoGP yang berpengalaman dan sukses Cal Crutchlow akan memperkuat Tim Penguji Balap Pabrik Yamaha untuk musim 2021,” tulis Yamaha.

Dimulai dari MotoGP shakedown test yang dijadwalkan di Sepang, Malaysia pada 14-16 Februari mendatang, Crutchlow akan mengendarai YZR-M1.

Dia juga akan mengambil bagian dalam tes IRTA resmi dan tes privat Yamaha lainnya, dengan tujuan untuk membantu para teknisi Yamaha dalam program pengembangan MotoGP.

Yamaha menjelaskan, Crutchlow sudah kenyang pengalaman. Total 10 tahun dia menjadi pembalap di tiga pabrikan berbeda yang membuatnya ideal untuk pekerjaan sebagai pembalap penguji.

Jorge Lorenzo. Foto: MotoGP

Crutchlow dan Yamaha telah menempuh perjalanan panjang. Pembalap Inggris itu mulai dikenal ketika memenangkan Kejuaraan Supersport Dunia 2009 (WorldSSP) bersama Yamaha. Dia kemudian naik ke Kejuaraan Dunia Superbike (WorldSBK) pada tahun berikutnya dan berhasil meraih 10 podium, termasuk tiga kemenangan.

BACA JUGA:   Juara F1 GP Portugal, Hamilton Lewati Rekor Schumacher

Keberhasilan itu membuka jalannya ke MotoGP pada tahun 2011 bersama tim satelit Yamaha saat itu, Monster Energy Yamaha Tech3. Sejak itu dia sudah 10 tahun menempuh kariernya di MotoGP.

Di samping itu, Yamaha juga mengucapkan terima kasih kepada Lorenzo yang telah bekerja sebagai penguji di musim 2020.

“Terima kasih yang tulus kepada Jorge Lorenzo atas ketersediaan, dukungan, dan pengertiannya selama tahun terhambat Covid-19 ini.”

(gan/cnn).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here