Spesifikasi Kawasaki ZX-25R, Diklaim Sanggup Ngebut 187 Kpj

Kawasaki Ninja ZX-25R di Tokyo Motor Show 2019. Foto: tokyo motorshow.com

JAKARTA – Sepeda motor sport Kawasaki Ninja ZX-25R punya tenaga lebih besar ketimbang Ninja 250. Perbedaannya terpaut 10 hp, ini jadi simbol motor bermesin 4-silinder itu punya berbagai teknologi baru dari saudaranya yang 2-silinder.

Berdasarkan klaim Kawasaki Motor Indonesia (KMI), ZX-25R menggendong mesin 249,8 cc 4-silinder segaris DOHC dan berpendingin cairan. Mesin ini menyemburkan 49,3 hp dalam kondisi normal, tapi bisa meningkat menjadi 50,3 hp jika menggunakan ram air.

Sementara lembar spesifikasi menyatakan torsi yang dihasilkan mesin itu mencapai 22,9 Nm.

Bila dikomparasi dengan Ninja 250, tenaga ZX-25R lebih besar 10 hp. Meski begitu, torsi ZX-25R lebih kecil 0,6 Nm dari Ninja 250.

Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi mengatakan dalam pengujian internal kecepatan maksimum motor ini mencapai 187 km per jam.

“Kecepatan itu versi standar, bukan modifikasi,” kata Michael dalam peluncuran virtual, Jumat (10/7).

BACA JUGA:   Honda Berikan Servis Gratis untuk Dokter yang Tangani Covid-19

Rangka dan dimensi

Menurut penuturan Michael rangka motor menggunakan teralis baru yang diklaim memudahkan manuver di dalam kota dan di sirkuit. Kata dia pembuatan rangka tersebut terinspirasi motor balap World Superbike.

Pengendalian ZX-25R dikatakan menyerupai ZX10R dan ZX6R saat menikung. Kemampuan manuver juga didukung suspensi depan up side down (USD) dengan diameter 37 mm berteknologi SFF-BP. Kemudian suspensi belakang motor ini menggunakan horizontal back link.

Untuk mencengkeram aspal, ban yang digunakan merek Dunlop GPR300 tipe radial dengan ukuran belakang 150/60/17 dan depan 110/70/17.

Secara keseluruhan dimensi ZX-25R yakni panjang 1.980 mm, lebar 750 mm, tinggi 1.110 mm, serta wheelbase 1.380 mm. Ground clearance motor ini 125 mm, tinggi jok 785 mm, kapasitas tangki 15 liter, berat 180 kg untuk varian standar dan 182 kg versi ABS (antilock braking system).

Fitur

BACA JUGA:   April, Pasar Mobil Indonesia Anjlok 90,6 Persen

Ada beberapa fitur baru yang diklaim Kawasaki pertama ada pada kelas motor sport 250 cc, yakni kontrol traksi dengan tiga mode berkendara serta power mode selection.

Selain itu terdapat fitur Quick Shifter untuk memindahkan gigi ke atas dan ke bawah dengan cepat tanpa perlu menekan tuas kopling. Fitur ini berfungsi saat putaran mesin di atas 2.500 rpm.

Pada motor ini juga tersemat ram air intake yang terletak pada tengah fairing di atas lampu utama. Ram air ini merupakan trade mark dari beberapa model Kawasaki ZX dan H2, fungsinya berkontribusi pada peningkatan kinerja mesin.

Kata Michael ram air bakal bekerja pada kecepatan sepeda motor di kisaran 100 km per jam.

“Jadi kisaran kecepatan itu udara [lebih banyak] akan masuk ke engine jadi meningkatkan kineja mesin,” kata Michael.

KMI menjual dua varian ZX-25R, yakni standar yang dijual Rp96 juta dan ABS Rp112,9 juta. Pembeda keduanya ada pada fitur di mana ABS dilengkapi traction control, quick shifter, pilihan penutup jok belakang, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape.

BACA JUGA:   Memeriahkan HUT RI ke 75, Nakadad Gnidir Touring sekaligus Silaturahmi

Kawasaki mulai membuka keran pemesanan motor ini mulai besok 11 Juli dan unit akan dikirim ke konsumen pada Agustus 2020. Motor tersebut sudah diproduksi secara lokal sehingga Indonesia mendapatkan predikat negara pertama di dunia yang melakukannya.

“Jadi target produksi dan penjualan kami 2.000 unit per tahun. Kami lihat lagi bagaimana animo ke depan,” ungkap Michael. (gan/cnn).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here