Tips agar Mudik Aman, Terhindar dari Serangan Kejahatan Siber

RISKS.ID – Tahun ini, tradisi mudik saat libur Hari Raya Idul Fitri hidup kembali berkat dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), masyarakat pun mulai aktif mencari dan membeli tiket transportasi, tempat wisata, hingga tempat menginap secara online.

Satu hal yang perlu diwaspadai jika akan melakukan transaksi secara online adalah ancaman dari para penjahat siber, di antaranya phishing.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan statistik Kaspersky terbaru, sebagaimana tertulis dalam keterangan resmi pada Rabu, sebanyak 356.786 phishing terkait keuangan terdeteksi dan diblokir terhadap penggunanya di Indonesia selama paruh pertama tahun 2022. Dari jumlah tersebut, 166.857 insiden menargetkan sistem pembayaran.

Selain itu, selama paruh pertama tahun lalu, sebanyak 20.603 deteksi upaya phishing di dalam negeri adalah terkait dengan perbankan online.

“Saat perayaan besar, semua orang ingin memesan sesuatu yang bagus tanpa merogoh kocek berlebihan. Bayangkan kita mendapati iklan tentang promo besar-besaran di maskapai penerbangan premium, hotel, dan segala jenis penawaran menarik yang berhubungan dengan liburan. Ini sangat menarik bagi para pelancong, dan momentumnya seperti liburan Idul Fitri adalah waktu yang tepat untuk menjamurnya skema berbahaya semacam ini,” kata Managing Director Kaspersky untuk Asia Pasifik Chris Connell.

Untuk itu, agar tetap aman saat mudik, penting untuk melakukan tips berikut ini.

Pertama, tetap waspada dan perhatikan secara seksama setiap email, pesan, dan unggahan media sosial yang tidak diinginkan.

Pindai tautan sebelum mengkliknya, dan jangan mengunduh lampiran dari sumber yang tidak dikenal. Berhati-hatilah terhadap tautan yang mengarah ke situs web yang mencurigakan atau tidak biasa.

Kedua, pastikan hanya membeli tiket dan memesan kamar hotel dari perusahaan secara langsung atau melalui situs tiket atau hotel terkemuka.

Ketiga, cadangkan semua data Anda sebelum bepergian. Gunakan kata sandi yang kuat untuk setiap layanan atau aplikasi dan keluar dari layanan sebelum melewati batas apa pun.

Lindungi pula sistem operasi perangkat Anda dengan kata sandi yang baik juga.

Keempat, pertimbangkan untuk tidak membawa perangkat kerja dan data-data penting jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya. Simpan data di cloud, tapi lakukan dengan aman.

Kelima, pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit sebab banyak di antaranya memiliki perlindungan bawaan terhadap penipuan.

Kemudian jika Anda membayar secara online, pastikan mesin dan browser benar-benar mutakhir dengan versi terbaru.

Penting juga untuk tidak menggunakan Wi-Fi publik, bahkan di kamar hotel, kecuali jika telah dienkripsi dan dilindungi kata sandi. Pertimbangkan untuk menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN).

Keenam, gunakan solusi perlindungan untuk menghindari menjadi korban penipuan online.

Terakhir, jangan menaruh semua uang Anda dalam satu keranjang. Bawalah dua, tiga, atau lebih kartu kredit atau debit, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, rencana cadangan selalu tersedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *