RISKS.ID – Arus penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) bakal sedikit berubah mulai pekan ini. PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) Cabang Soekarno-Hatta resmi memindahkan operasional empat maskapai domestik ke Terminal 1B.
Langkah ini dilakukan untuk menyeimbangkan beban layanan di bandara terbesar di Indonesia tersebut.
General Manager Bandara Soekarno-Hatta Heru Karyadi mengatakan, proses penataan dimulai bertahap sejak Senin (17/11). Dua maskapai—Lion Air dan Airfast Indonesia—lebih dulu memindahkan seluruh penerbangan domestik dari dan menuju Jakarta (CGK) ke Terminal 1B.
“Mulai hari ini, Sriwijaya Air dan NAM Air juga melayani seluruh penerbangan domestik melalui Terminal 1B,” jelas Heru dalam keterangan tertulis, Selasa (18/11).
Dengan perpindahan ini, Terminal 1B menjadi zona layanan baru bagi empat maskapai tersebut.
Heru menyebut, penyesuaian itu bertujuan merapikan alur pergerakan penumpang di Terminal 1. Dengan kapasitas fasilitas yang kini lebih optimal, proses keberangkatan maupun kedatangan diharapkan berjalan lebih lancar.
Penataan ini masih satu rangkaian dengan penguatan struktur operasional Terminal 1. Sebelumnya, pada 12 November, Citilink resmi memindahkan seluruh rute domestik ke Terminal 1C bersamaan dengan pengoperasian penuh area tersebut.
“Dengan beroperasinya Terminal 1C secara penuh, kapasitas layanan Terminal 1 meningkat. Ini membuka peluang pemerataan distribusi penumpang melalui rebalancing antarterminal,” ujarnya.
Heru menegaskan, rebalancing penting untuk memastikan kenyamanan penumpang. Selain itu, maskapai juga akan memiliki ruang operasional yang lebih proporsional.
“Ini merupakan upaya berkelanjutan kami dalam menjaga kualitas layanan di Bandara Soekarno-Hatta,” imbuhnya.
Proses perpindahan maskapai, kata Heru, dilakukan melalui koordinasi intensif dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan masa transisi berjalan aman dan tanpa hambatan. Petugas lapangan disiagakan untuk mengarahkan penumpang agar tidak salah terminal.
“Kami harap penumpang tetap nyaman dan tidak bingung ketika menuju terminal keberangkatan,” tegasnya.
Bandara Soetta juga mengimbau penumpang Lion Air, Airfast Indonesia, Sriwijaya Air, dan NAM Air untuk memeriksa ulang jadwal serta terminal penerbangan melalui tiket, aplikasi maskapai, atau kanal resmi lainnya.
“Penumpang diharapkan datang lebih awal dan memperhatikan signage serta arahan petugas agar proses check-in hingga boarding berjalan lancar,” katanya.





