BANDUNG – Direktur Pemasaran dan Direktur Perencanaan dan Komunikasi Perusahaan PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani optimistis pasar otomotif Indonesia akan membaik di semester kedua 2024.
“Kami berharap dari pencapaian Januari hingga April ini, kita masih ada kuartal kedua dan masih juga ada semester dua rasanya kami sangat optimis pasar masih bisa lebih baik lagi,” ujar dia di sela-sela acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bandung di kawasan Kiara Artha Park, Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/6).
Industri otomotif menghadapi penurunan penjualan pada kuartal pertama tahun 2024.
Sri Agung mengatakan, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pasar otomotif mencatat penurunan penjualan retail sekitar 15 persen dalam periode Januari hingga April, sementara Daihatsu mengalami penurunan sedikit lebih baik, yaitu 14 persen.
Ia mengatakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan penjualan ini, termasuk pelemahan pertumbuhan ekonomi dan dampak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
Menurut dia, banyak konsumen yang menunggu kebijakan baru dari pemerintahan yang akan datang sebelum melakukan pembelian besar seperti mobil.
Selain itu, libur Lebaran yang lebih panjang tahun ini mengurangi jumlah hari kerja efektif, yang juga berkontribusi pada penurunan penjualan.
Kenaikan suku bunga sebesar 0,25 poin juga membuat konsumen menunggu kebijakan kredit yang lebih jelas sebelum melakukan pembelian kendaraan.
“Termasuk di dalamnya mungkin yang menjadi pertimbangan pasar itu adalah adanya isu kenaikan dolar itu, jadi industri bergerak. Kurang lebih seperti itu kebijakan yang mungkin mempengaruhi daya beli,” kata dia.