Bukan ke Indonesia, Lawrence Wong Pilih Kunjungan Perdana ke Malaysia

Lawrence Wong
Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong. Foto: Getty

KUALA LUMPUR– Ternyata, Perdana Menteri (PM) Singapura Lawrence Wong memilih Malaysia sebagai kunjungan kerja perdananya dibandingkan Indonesia. Di Malaysia, Lawrence Wong akan kunjungan selama dua hari.

Kementerian Luar Negeri Malaysia (Wisma Putra) menyebutkan dalam kunjungan kerjanya itu PM Wong dijadwalkan melakukan pertemuan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Kedua perdana menteri, menurut Wisma Putra, akan membahas upaya untuk menguatkan hubungan dan kerja sama bilateral antara Malaysia dan Singapura, serta bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan internasional yang berkaitan dengan dua negara.

Selain bertemu Anwar, Wong yang juga merupakan Menteri Keuangan Singapura itu juga akan melakukan pertemuan dengan Wakil PM Malaysia Ahmad Zahid Hamidi, yang juga merupakan Menteri Kemajuan Desa dan Wilayah. Serta bertemu dengan Wakil PM Malaysia Fadillah Yusoff yang juga merupakan Menteri Peralihan Tenaga dan Transformasi Air.

Kunjungan kerja Wong, menurut keterangan itu, menekankan komitmen bersama dua negara untuk mengeratkan lagi hubungan yang telah lama terjalin, serta sebagai persiapan untuk Sesi Pertemuan Tahunan Para Pemimpin dua negara yang diselenggarakan Malaysia pada akhir tahun 2024.

Pada 2023, Malaysia dan Singapura masing-masing merupakan rekan dagang kedua terbesar di tingkat global serta terbesar dalam negara-negara anggota ASEAN. Dengan jumlah perdagangan mencapai 363,13 miliar Ringgit Malaysia (RM) atau 79,6 miliar dolar AS (sekitar Rp1,253 kuadriliun).

PM Wong dijadwalkan tiba di Malaysia pada Selasa malam setelah melakukan kunjungan kerja perdana ke Brunei Darussalam atas undangan Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *