Digelar Cuma Dua Hari, Yuk Berburu Kuliner di FIFestival Street Food 2024

fifestival street food 2024
Foto: Istimewa

JAKARTA – Bagi pecinta kuliner khas Nusantara, ada kabar gembira nih buat kamu semua. Perusahaan pembiayaan FIFGROUP menggelar FIFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024. Lokasinya berada di Assembly Point Area, Menara FIF, Jakarta Selatan.

Karena ini digelar hanya dua hari, yaitu 28 dan 29 November ini, yuk kamu buruan deh pergi kesana untuk mencicipi aneka kuliner dari 25 tenant UMKM binaan FIFGROUP.

Bacaan Lainnya

Event seperti ini adalah yang kedua kali di tahun 2024 ini. yang pertama digelar pada 10-11 Juli 2024 lalu, dimana saat itu FIFGROUP menghadirkan 15 tenant UMKM.

Jangan kaget ya, di event pertama itu berhasil menarik lebih dari 1.000 pengunjung lho, meningkat sebesar 32,06 persen dibandingkan dengan gelaran tahun 2023. Tidak hanya itu, gelaran pertama di tahun 2024 tersebut juga mencatatkan capaian transaksi UMKM lebih dari Rp119 juta. Tumbuh 58,42 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp75 juta.

Keren khan? Tentu saja keren.

Nah, gelaran kedua FIFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP di tahun 2024 ini lebih heboh lagi dong. Event ini mencatat peningkatan jumlah tenant menjadi 25 UMKM lho gaes. Dan mereka menawarkan pengalaman kuliner yang lebih beragam.

FIFGROUP menargetkan lebih dari 1.100 pengunjung dengan potensi transaksi mencapai Rp125 juta, meningkat sebesar 5 persen dibandingkan gelaran pertamanya di tahun 2024.

Sebagai pembeda, FIFestival kali ini memperluas cakupannya dengan menghadirkan program spesial, FIFriendibility Inspiration Talk bertema “Setara dalam Berkarya: Merangkul Keselarasan untuk Kreativitas.”

Dari namanya aja udah keren banget khan. Ini karena program baru ini menjadi langkah nyata FIFGROUP dalam mendukung inklusi sosial dan pemberdayaan komunitas, terutama bagi penyandang disabilitas.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, UMKM dari Kampung Berseri Astra (KBA) Binaan FIFGROUP turut berpartisipasi, memperkuat semangat pemberdayaan masyarakat lokal di kawasan KBA.

Keterlibatan ini melengkapi kehadiran 15 UMKM Binaan FIFGROUP lainnya yang dipilih berdasarkan kriteria khusus, seperti kemampuan menjaga kelancaran pengembalian dana bergulir dan komitmen tinggi untuk terus mengembangkan usahanya.

Selain UMKM binaan, ini yang juga wajib kamu tahu. FIFGROUP juga memberikan ruang bagi UMKM dari berbagai latar belakang, seperti UMKM yang dikelola Yayasan Sahabat Disabilitas Chesire, UMKM dari program FIFpreneur, yaitu inisiatif pembinaan untuk karyawan yang sedang mempersiapkan masa purnabakti, hingga UMKM yang dikelola oleh karyawan internal FIFGROUP.

Tidak ketinggalan, booth Koperasi FIF2000 menambah keseruan acara dengan menawarkan program spesial bagi karyawan internal yang mengajukan pinjaman ready cash selama pagelaran ini, termasuk hadiah berupa sembako, jaket, dan helm.

Perhelatan ini diharapkan mampu mendorong kesempatan dan keberanian UMKM binaan dalam memiliki jiwa bersaing serta membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM yang menjadi binaan FIFGROUP untuk menjajakan produknya. FIFestival menjadi kegiatan yang menarik dan seru untuk dikunjungi baik itu karyawan internal maupun masyarakat sekitar yang ingin membeli sarapan, camilan atau nongkrong dan makan siang.

Di acara pembukaan, Direktur FIFGROUP Setia Budi Tarigan menegaskan, FIFGROUP memiliki komitmen penuh dalam memberikan kontribusinya untuk pengembangan UMKM.

“Kami percaya bahwa UMKM memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melalui FIFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024, kami berharap UMKM binaan dapat memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan daya saing, memperluas jaringan, dan mencapai pengembangan usaha yang lebih besar,” kata Setia Budi.

Program ini sekaligus menjadi bagian dari inisiatif FIFGROUP melalui pilar Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Sejahtera dan dalam mengimplementasikan aspek Environment, Social, and Governance (ESG) dan Sustainability khususnya dalam mencapai tujuan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Melalui langkah ini, FIFGROUP berkomitmen untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

 

Kesan Pelaku UMKM di FIFestival Street Food

Kamu pasti juga pengen tahu khan gimana kesan pelaku UMKM yang ikut festival kuliner ini. UMKM yang pernah terlibat dalam kegiatan ini menyebutkan bahwa program ini memberikan dampak positif bagi penjualannya. Tidak seperti jualan sehari-hari, setiap berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh FIFGROUP seperti Fifestival, para pelaku UMKM mengaku penjualan mereka meningkat.

Hal itu diungkapkan oleh Cici Yohani yang menjajakan produknya berupa merek dagang Yoyobolen pada ajang FIFestival.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif baik yang dilakukan FIFGROUP melalui kegiatan FIFestival ini. Sebelumnya, saya juga berkesempatan berpartisipasi dalam ajang LOCALICIOUS di Gelora Bung Karno, Senayan, dan Alhamdulillah dagangan saya laris manis selama acara tersebut. Saya berharap, melalui FIFestival ini, peluang usaha saya kembali terbuka lebar, dan penjualan bisa semakin meningkat,” ujar perempuan yang akrab disapa Cici.

Nah, tunggu apa lagi. Yuk buruan ke FIFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024. Di sana ada kue mochi, kopi, pecel, ayam bakar, bolen, dimsum dan jajanan lainnya. Buruan ya gaes….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *