JAKARTA – Di tengah persaingan ketat industri otomotif akhir tahun, PT Suzuki Indomobil Sales berhasil mencatat peningkatan penjualan Desember sebesar 10% dibanding November.
Lonjakan ini didukung oleh kontribusi dari 5 produk yang sekaligus mempertegas posisi Suzuki sebagai merek otomotif pilihan keluarga Indonesia.
“Desember selalu menjadi momen spesial bagi industri otomotif. Selain menutup penjualan tahunan, bulan ini juga menunjukkan tren peningkatan signifikan. Kombinasi kebutuhan konsumen akan kendaraan dengan memanfaatkan bonus akhir tahun, liburan panjang, serta banyaknya promo yang dihadirkan untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, membuat Suzuki mencapai peningkatan penjualan ritel secara positif,” ujar Randy R. Murdoko, Department Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) dalam keterangan resminya, Senin 13 Januari 2025.
Dipaparkan Suzuki, pada Desember 2024, Suzuki All New Ertiga mencatat peningkatan penjualan sebesar 37% dibanding bulan sebelumnya. Sementara New XL7 pun menunjukkan lonjakan penjualan ritel sebesar 20% dibanding bulan sebelumnya, serta pertumbuhan tahunan mencapai 11%.
Suzuki Grand Vitara secara impresif mengalami kenaikan penjualan ritel 23% dibanding bulan sebelumnya, serta mencatat peningkatan tahunan hingga 89%.
Capaian ini mencerminkan meningkatnya minat konsumen terhadap kendaraan premium yang menawarkan kenyamanan superior, teknologi dan desain berkelas.
Tidak hanya itu, Suzuki Baleno kian menjadi produk favorit konsumen generasi muda mewakili simbol gaya dan mobilitas masa kini. Penjualannya mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 42%.
Tak kalah cemerlang, Suzuki Jimny 5-door yang berhasil menciptakan daya tarik baru di segmen SUV kompak catatkan peningkatan penjualan ritel 169% dibandingkan tahun lalu.
Di tengah tren kendaraan ramah lingkungan, Suzuki terus memperkuat eksistensi pada segmen hybrid.
Akumulasi penjualan ritel All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid dan Grand Vitara mendominasi keseluruhan kendaraan penumpang Suzuki sebesar 58% selama Desember 2024.
Dilengkapi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), varian hybrid ini mengedepankan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performa, menjadikannya produk unggulan yang ideal bagi keberlanjutan para konsumen Indonesia.
“Keberhasilan penjualan menjadi pijakan solid bagi Suzuki untuk terus menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan gaya hidup konsumen Indonesia, sembari memperluas jangkauan pasar hybrid. Kami yakin tren positif serupa akan berlanjut hingga 2025. Menggunakan dasar ini, Suzuki siap menghadapi tantangan baru dan memperkuat posisinya di segmen MPV maupun SUV Indonesia,” tutup Randy.