JAKARTA – Mengawali aktivitas di tahun 2025, Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) gelar diskusi bertajuk “SWOT Pembiayaan Otomotif 2025” pada Jumat (24/01/2025), di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.
Duskusi tersebut digelar untuk melihat tantangan dan peluang bisnis pembiayaan kendaraan ketika penjualan mobil mengalami penurunan di tahun 2024 serta bagaimana menghadapi tantangan industri otomotif di 2025.
Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), hingga akhir tahun 2024 penjualan mobil secara wholesales menurun 13,9% secara year-on-year (yoy) menjadi 865 ribu unit.
SEVA, platform pencarian mobil milik Grup Astra yang mengedepankan kemampuan finansial konsumen hadir sebagai salah satu narasumber.
David Thamrin, Product Division Head SEVA mengatakan, “Penjualan wholesales roda empat berdasarkan data GAIKINDO menurun di tahun 2024. Namun, kami bersyukur pada 2024 lalu, SEVA masih mencatatkan pertumbuhan positif,” kata David dalam pemaparannya.
Berdasarkan data Berita Serah Terima Kendaraan (BSTK), SEVA berhasil meningkatkan total penjualan sebesar 18% yoy dibanding 2023 menjadi lebih dari 17.500 unit pada tahun 2024, dengan nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) mencapai Rp8,2 triliun atau naik 9% dibandingkan 2023.
David optimis menghadapi tantangan 2025, dengan fokus pada peluang dan inovasi untuk mendorong pertumbuhan.
“Tahun 2025 akan penuh tantangan, tetapi selalu ada peluang yang bisa dioptimalkan. SEVA akan terus memberikan layanan terbaik dengan solusi inovatif,” ujarnya.
Kemudahan beli mobil melalui SEVA
Untuk menjawab kebutuhan masyarakat khususnya pelanggan dan first car buyer di Indonesia, SEVA menghadirkan berbagai inovasi, seperti fitur Loan Calculator dan Car Discovery.
“Loan Calculator memungkinkan calon pelanggan menghitung kemampuan finansial mereka secara akurat, sehingga mereka dapat mengetahui mobil mana yang sesuai dengan kapasitas keuangan mereka,” jelas David.
Fitur ini juga terintegrasi dengan Car Discovery, yang membantu pelanggan memilih mobil sesuai kebutuhan dan anggaran serta beragam pilihan brand melalui SEVA.
Beberapa model mobil yang menjadi favorit pelanggan SEVA pada 2024 adalah Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu New Ayla, dan Toyota Calya.
“Mobil-mobil tersebut populer karena harganya terjangkau dan nilai jual kembali yang baik, sesuai karakteristik kebutuhan masyarakat kita,” tambah David.
Bagi pelanggan yang membeli mobil secara kredit, SEVA menawarkan fitur Instant Approval.
“Dengan Instant Approval, pelanggan bisa mendapatkan persetujuan pengajuan kredit kurang dari 30 menit. Kecepatan ini sangat cocok bagi pelanggan first car buyer yang ingin segera memiliki mobil terlebih dengan dukungan fitur Loan Calcultator dan Car Discovery di tengah kenaikan PPN dan opsen pajak,” kata David.
Fasilitas Dana SEVA
Di sisi lain, platform digital ini juga terus menggaungkan fitur Fasilitas Dana sebagai solusi keuangan bagi masyarakat di tengah daya beli yang lesu.
”Fasilitas Dana ini diharapkan dapat menjadi solusi keuangan bagi masyarakat, khususnya yang sudah punya mobil dan memiliki kebutuhan dana untuk memenuhi kebutuhan lainnya,” jelas David.
Melalui inovasi dan solusi yang ditawarkan, SEVA optimis dapat menghadapi tantangan industri otomotif pada 2025.
“Semoga dengan berbagai fasilitas yang kami hadirkan, SEVA mampu membantu para first buyers di Indonesia mewujudkan impian memiliki mobil, meski di tengah ketidakpastian ekonomi,” tutup David.