Secara teknis, roadster kurang lebih mirip dengan coupé. Dengan memodifikasi bagian lateral rangka, ketinggian pintu masuk dikurangi hingga memungkinkan masuknya pintu normal.
Suspensi gandar belakang sepenuhnya direvisi dan ditingkatkan: gandar melintang sambungan tunggal 220 a dengan poros rendah diadaptasi dan dimasukkan ke dalam 300 SL Roadster. Untuk pertama kalinya dilengkapi dengan pegas kompensasi.
Dibandingkan dengan poros silang asli pada gullwing coupe, roadster ini menawarkan performa yang jauh lebih unggul.
Mulai Oktober 1958, atap keras yang dapat dilepas tersedia sebagai perlengkapan khusus dengan biaya tambahan 1.500 mark.
Fitur yang menonjol adalah jendela belakang yang memanjang hingga ke sudut, dan desain hardtop yang menarik. Di antara perubahan teknis yang dilakukan dalam enam tahun berikutnya, kita ingat dua hal: Pada bulan Maret 1961, model 300 SL dilengkapi dengan rem cakram Dunlop di roda depan dan belakang dan, mulai Maret 1962, dengan mesin yang dimodifikasi dengan blok paduan ringan.
Produksi 300 SL Roadster dihentikan pada 8 Februari 1963. Tanggal ini menandai berakhirnya era Daimler Benz: sejak produksi sedan 300 dihentikan pada Maret 1962, ini berarti tidak ada lagi mobil dengan sasis terpisah yang diproduksi.
Kedua versi 300 SL, roadster dan gullwing coupé, merupakan mobil kolektor sejak awal dan belum kehilangan pesonanya; selama bertahun-tahun mereka termasuk mobil antik yang paling dicari dan berharga.
Sejarah versi pra-seri unik yang dipamerkan di Bologna
Pada tahun 1953, setelah kemenangan Gullwing dalam versi balap, Dewan Direksi Daimler-Benz AG memutuskan untuk mengembangkan 300 SL dalam versi roadster.
Salah satu model gullwing “Sport” 300 SL/Series W194 tahun 1952 dipilih sebagai dasar pengujian mobil roadster baru, yang dipercayakan kepada desain Rudolf Uhlenhaut, di bawah pengawasan Fritz Nallinger. Ini akan menjadi Roadster pra-seri yang dipamerkan.
Pada bulan Juni 1954, sebulan setelah dimulainya produksi seri coupé “Gullwing”, keputusan manajemen mempertimbangkan pembangunan 3 Roadster lainnya yang diproduksi pada tahun 1956 dan bergabung dengan pra-seri dalam tahap akhir pra-pengujian.
Sementara itu, studi terhadap mobil Pra-seri yang dipamerkan di Bologna terus berlanjut: sasis dimodifikasi dan diperkuat dengan tabung berdiameter lebih besar, sementara pensil Freidrich Geiger, perancang pusat gaya yang saat itu diarahkan oleh Karl Wilfert, merancang jalan baru.
Prototipe tersebut selesai dibangun pada bulan September 1955 dan, setelah pengujian pertama, dipresentasikan kepada dewan perusahaan pada 2 November.
300 masih tampak seperti prototipe, tuas persnelingnya berasal dari coupé 1955 dan tidak seperti yang terlihat pada mobil dalam berbagai pengujian, knalpotnya dibuat berbeda dan keluar di sisi kiri, bukan di kanan.
Jamnya juga memiliki posisi yang berbeda: di sini diposisikan di tengah roda kemudi berbentuk cangkir aneh yang terbuat dari aluminium dan kayu yang dipoles.
Catatan internal tertanggal 7 November 1955 menggarisbawahi bagaimana beberapa detail perlu direvisi, termasuk kecerahan instrumen dan mekanisme bukaan soft top yang sulit digunakan, namun selebihnya menyenangkan.
Mobil yang digunakan sebagai prototipe internal, oleh karena itu tanpa cap nomor sasis, melanjutkan pekerjaan pengembangannya.
Pemilihan sasis sangat bermasalah: Uhlenhaut, yang merancang sasis coupé yang cantik dan ringan, pertama kali mencoba memodifikasi desain sasis yang sudah ada.
Pertama, bagian samping dimodifikasi untuk mengakomodasi pintu yang dibuka secara konvensional tetapi hal ini tidak memberikan hasil yang diinginkan; ada terlalu banyak torsi sehingga dia dan para insinyurnya, untuk memastikan ketahanan dan daya tahan keseluruhan yang lebih besar, mengganti beberapa tabung yang membentuk rangka asli dengan tabung lain yang berdiameter lebih besar dan dengan baja yang lebih kokoh; Selanjutnya, untuk menjaga kekakuan torsional tidak berubah, tabung penguat tambahan ditambahkan pada area terowongan di belakang sekat dan bagian samping.
Hal ini memberikan rangka yang lebih kaku, tetapi juga ruang untuk pintu ayun konvensional. Sayangnya semua ini menghasilkan mesin yang sedikit lebih berat dari yang diharapkan.
Uji statis dilakukan di pusat penelitian untuk distribusi bobot dan kekakuan struktur, serta uji dinamis di lintasan dan menanjak.
Tidak diketahui berapa banyak sasis 00009/52 asli yang tersisa pada contoh pra-seri yang dipamerkan. Arsip Museum Mercedes tentang pekerjaan sasis memberi kita banyak catatan internal. Dari yang pertama, tanggal 16 Mei 1956, hingga yang terakhir tanggal 6 Januari 1957, ditemukan jumlah pekerjaan dan pengujian untuk pemilihan sasis definitif dengan perbandingan antara berbagai jenis sasis (dari coupé standar dengan 3 lainnya dengan perbedaan jenis tabung).
Suspensi depan tetap lebih ringan dari versi kompetisi. Bentuk rangka dan posisi roda cadangan yang berbeda memungkinkan adanya boot yang sesungguhnya, sebuah kemewahan yang hanya diperuntukkan bagi pemilik versi terbuka.
Pada prototipe Roadster, interiornya juga direvisi, seolah-olah bereksperimen dengan komposisi gaya baru, dan mengadopsi roda kemudi kayu berbentuk cangkir, tuas persneling berengsel jauh ke depan dan memerlukan konformasi yang sangat berbentuk dari tuas itu sendiri (seperti pada 300 SL pertama, sangat berbeda dengan posisi tengah yang dimiliki tuas persneling pendek versi definitif) dan dasbornya mengadopsi jam tengah dan asbak di posisi tinggi.Banyak dari detail internal ini kemudian akan ditinggalkan dalam versi seri yang karenanya akan lebih menyerupai Coupé.
Nama yang kemudian dimaksudkan untuk diberikan kepada roadster baru tersebut adalah 300 SLS, dan mobil tersebut menjalani pengujian ekstensif di Pegunungan Alpen pada bulan Juni 1956. Pada bulan Oktober 1956, laporan pertama mengenai hal itu muncul dan mengidentifikasinya dengan nama 300 SLS , seperti yang direncanakan awalnya oleh Mercedes.
Itu dibuat pada bulan Juni tahun yang sama oleh David Douglas Duncan, seorang fotografer mapan teman Picasso yang mengambil 300 SL-nya pada awal tahun 1956.
Itu diterbitkan di majalah gaya Amerika, Majalah Collier, anehnya terlibat dalam laporan otomotif, dan kemudian dihidupkan kembali di majalah Road & Track edisi Desember 1956.
Untuk melengkapi teks tersebut, serangkaian foto yang diambil di jalur Stelvio, dengan mobil sibuk melewati tikungan tajam. Bahwa itu bukan barang curian ditunjukkan dengan kehadiran, dalam banyak gambar, Uhlenhaut, dan Wilfert, kepala Geiger dan pusat gaya. Beberapa minggu kemudian mobil itu ditampilkan kepada pers, menimbulkan minat yang besar.
Ketika 300 SL Roadster diperkenalkan dalam bentuk definitifnya di Geneva Motor Show pada bulan Maret 1957, yang nama akhirnya baru diputuskan pada tanggal 5 Februari, mudah untuk memikirkan pembuangan prototipe tersebut dengan cepat.
Kenyataannya, 300 SL kembali ke lintasan beberapa bulan sebelum presentasi resminya. Pembalap Amerika Paul O’Shea, mengunjungi Eropa untuk menentukan spesifikasi mobil balapnya untuk musim berikutnya, sedang mengujinya di trek dan rute yang paling menantang.
Mulai Oktober 1956 ada foto-foto yang menggambarkan dirinya, bersama dengan para manajer teknis puncak perusahaan, di trek Solitude (dekat Stuttgart) atau di Nürburgring dan di Hockenheim saat di Monza terlihat SLS bersama Karl Kling dan Rudolf Ulhenhaut.
Kesannya begitu positif sehingga Mercedes memutuskan untuk memproduksi dua SLS baru agar dia bisa berpartisipasi dalam kejuaraan mobil touring Amerika SCCA (Sport Car Club of America) tahun 1957, yang dia menangkan karena dilengkapi dengan suspensi depan yang kurang berperforma tahun 1952, 300 SLS tetap digunakan sebagai mobil laboratorium dan terus dikembangkan sehingga pada periode antara tahun 1957 dan 1960 dilengkapi dengan rem cakram Dunlop yang tidak lama kemudian juga digunakan. digunakan pada mobil seri.
Sejak awal tahun 1960, prototipe SLS tetap tidak digunakan di Daimler-Benz. Pada bulan Juli 1965, karena harus menyiapkan dokumentasi sertifikasi penggunaannya sebagai mobil uji untuk meresmikan penjualannya, perusahaan menetapkan nomor sasis 8427198118/1 pada mobil tersebut dan didaftarkan dengan definisi prototipe “O-Serie”.
Pada 13 Juli 1965 Mercedes Benz menjual Sls kepada Karl Jurgen Britsche dari Hamburg yang pada bulan April 1968 menjualnya kembali kepada Penulis von Windheim 3°.
Pada tanggal 5 April 1979, 300 dibeli oleh Lloyd Ikerd dan diangkut ke California. Pada 10 Agustus 1987 Ikerd menjualnya kepada Scott Grundfor, seorang pemulih terkenal Amerika, yang memulai penelitian dan pekerjaan restorasi yang melelahkan.
Setelah restorasi selesai, mobil tersebut dibeli oleh kolektor Jepang Naohiro Ishikawa. Pada bulan Agustus 1991 mobil tersebut diundang ke “Monterey Historic” dan ke Pebble Beach.
Pada tahun 1994 SLS kembali ke California dalam koleksi Bob Meyer yang membawanya kembali ke Pebble Beach pada tahun 1997 di mana ia memenangkan penghargaan Terbaik di Kelasnya di kelas “Olahraga – balap Eropa pascaperang”. Pada tahun 2006 ia melintasi lautan lagi dan memasuki koleksi Alberto Cefis di Italia.