RISKS.ID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar program pemeriksaan komponen untuk 174 unit motor model Gixxer 250SF yang telah beredar di Indonesia. Inisiatif yang disebut ‘Product Quality Update’ ini berfokus pada pemeriksaan rear brake caliper bracket dan akan dilakukan di seluruh bengkel resmi Suzuki mulai 18 Agustus 2025.
Program ini tidak disebut sebagai kampanye penarikan (recall), melainkan sebuah langkah proaktif yang lahir dari evaluasi kualitas berkelanjutan. Suzuki merekomendasikan pemeriksaan bagi pemilik Gixxer 250SF tahun produksi 2022 hingga 2025. Evaluasi internal perusahaan menemukan potensi ketidaksesuaian spesifikasi pada komponen tersebut yang, dalam jangka panjang, dapat memengaruhi kinerja sistem pengereman belakang.
“Meski potensi terjadinya ketidaksesuaian pada sejumlah unit tidak besar, kami merasa perlu untuk memberikan informasi ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang peduli kepada pelanggannya,” ujar Hariadi, Asst. to Aftersales Department Head of Service PT SIS. Ia menambahkan, itikad baik ini diharapkan dapat memberikan ketenangan dan menjaga kepercayaan konsumen.
Pemilik motor yang terdampak dapat memeriksa kelayakan unit mereka dengan memasukkan nomor rangka kendaraan pada laman resmi www.suzuki.co.id. Alternatif lainnya, konsumen dapat datang langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat.
Proses pemeriksaan ditangani oleh tenaga ahli dan hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Jika ditemukan ketidaksesuaian, penggantian komponen akan dilakukan secara gratis dan prosesnya diperkirakan selesai dalam waktu satu jam.
“Tim Service dari Bengkel Resmi Suzuki siap melakukan pemeriksaan kondisi unit, sehingga pelanggan bebas dari rasa khawatir,” jelas Hariadi. Ia juga menyampaikan terima kasih atas loyalitas para konsumen Suzuki di Indonesia.
Layanan ini tidak dikenakan biaya apa pun, menegaskan bahwa program ini murni merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap keamanan dan kepuasan pelanggan.
Suzuki juga mengingatkan pentingnya perawatan berkala di bengkel resmi untuk menjaga kualitas produk serta menjamin kenyamanan dan keselamatan berkendara. Untuk kenyamanan, pemilik dapat melakukan booking service secara mandiri melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800, WhatsApp di 0811-1993-0800, atau melalui fitur live chat di website resmi Suzuki.
Program ini menggarisbawahi pendekatan Suzuki dalam menangani potensi masalah secara transparan dan sukarela, sebelum hal tersebut berdampak pada pengendara atau menimbulkan keluhan lebih lanjut.